Metode Mudah Backup Data di Android

Tahu berbagai cara backup di android sangatlah penting. Apa yang akan terjadi pada android kesayangan kita di kemudian hari tidak ada seorangpun yang tahu. Mungkin suatu saat android yang kita gunakan mendadak hang, perlu ganti ROM, mengalami serangan malware yang membumihanguskan file-file penting kita, file terhapus tanpa sengaja, atau bahkan ganti hp baru.

Bagi kita yang terbiasa menyimpan data dan file penting di hp tentuya akan membutuhkan data tersebut setiap waktu. Jika kita tidak membackupnya terlebih dahulu lalu ternyata android kita mengalami insiden-insiden tidak mengenakan seperti yang telah disebutkkan diatas, pastinya kita akan feel upset dan meyesali kelalian diri sendiri.

Oleh karena itu, membekali diri dengan informasi cara backup di android sangatlah penting jika tidak ingin data-data yang bernilai tersebut raib seketika. Ada cukup banyak cara backup di android yang bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan, dua diantaranya adalah:

1. Google Backup

Setiap ponsel android memiliki fitur Backup & Reset. Cara ini bisa kita gunakan jika kita ingin membackup password, data aplikasi, preferensi dan lain sebagainya. File hasil backup-an tersebut akan otomatis disingkronkan dengan akun Google yang kita miliki.

Baca Juga: Data Aman dengan Aplikasi Backup Untuk Android

Jika kita ingin memulihkan file tersebut, kita bisa login ke android dengan memakai akun Google yang dipakai untuk melakukan backup.

Begini caranya:

  • Masuk ke menu Setting, lalu ke Personal kemudian ke Backup & Reset. Terakhir aktifkan Back up my Data.
  • Kembali ke menu Setting, pilih Personal lalu menuju ke Account and Sync
  • Lakukan proses sinkronisai dengan menggunakan Google Backup
  • Selanjutnya akan muncul list data yang ingin Anda backup. Pilih yang perlu saja atau jika ingin aman pilih semua data tersebut sekalian. Tunggu hingga proses sinkronisai selesai.

2. Titanium Backup

Jenis hp android yang telah di root bisa juga menggunakan Titanium Backup untuk backup aplikasi dn file-file penting. Fitur ini akan memberikan layanan backup otomatis tiap kurun waktu tertentu, mentransfer file dari memory card ke phone card dengan mudah, dan juga mampu membackup aplikasi ataupun game saat sedang digunakan.

Begini caranya:

  • Download Titanium Backup yang ada di Google Play
  • Pastikan hp sudah diroot sehingga Titanium Backup bisa digunakan. Install lalu jalankan
  • Patikan USB debugging sedang dalam kondisi on
  • Pilih Backup/Restore lalu akan muncul aplikasi yang bisa dibackup. Jika terdapat tanda segitiga warna kuning bearti aplikasi tersebut belum dibackup
  • Klik Menu di pojok kanan atas lalu klik Batch Actions
  • Jika ingin backup aplikasi gunakan Backup All User Apps, ssedangkan untuk backup sistem data gunakan Backup All System Data.
  • Tentukan aplikasi yang ingin di backup. Centang cheklist di pojok kanan atas. Tunggu hingga proses selesai dengan munculnya tanda centang dan icon smile di sisi kanan aplikasi.

Baca Juga:tips dan trik seputar dunia gadget di situs oktrik.com

Cara Backup di Android dengan Titanium Backup sebaiknya dilakukan keduanya, yaitu untuk backup aplikasi dan juga backup data agar Android lebih aman.

Enlaces refback

  • No hay ningún enlace refback.


Copyright (c) 2015 Mutatis Mutandis: Revista Internacional de Filosofía